Share

Senin, 20 Oktober 2014

Corporate Social Responsibilies Pocari Sweat


Kasus : Pocari Sweat menjadi sponsor dalam pertandingan futsal tingkat nasional.

Teori : Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, melainkan juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya.

Berikut ini adalah manfaat CSR bagi masyarakat:
  1. Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan kelestarian lingkungan.
  2. Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
  3. Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
  4. Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Berikut ini adalah manfaat CSR bagi perusahaan:
  1. Meningkatkan citra perusahaan.
  2. Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
  3. Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.
  4. Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.
  5. Memberikan inovasi bagi perusahaan

Analisis :

Dengan terlibatnya pocari sweat sebagai sponsor dalam pertandingan futsal tingkat nasional dapat memperkenalkan brand mereka kepada masyarakat yang sebelumnya mengetahui tentang pocari sweat dan juga untuk memperkuat citra pocari sweat dimata masyarakat. Acara ini pun sangat berguna bagi masyarakat karena mendukung kegiatan positif yang dapat menyalurkan bakat-bakat futsal yang dimiliki oleh anak-anak yang ada di indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar